Selasa, 27 April 2010

Indonesia Harus Minta Kompensasi Negara Maju Atas Kerusakan Lingkungan

ladang-sawitDenpasar – Jaringan lembaga pemantau negara berkembang, Third World Network, merekomendasikan kepada Indonesia unntuk tidak saja menuntut kompensasi atas pembuangan karbon yang dilakukan oleh negara maju melalui perdagangan karbon, tetapi juga menuntut kompensasi ganti rugi akibat dampak kerusakan lingkungan yang terjadi.

Disisi lain Indonesia bersama negara-negara berkembang juga diharapkan untuk menekan negara maju untuk turut melakukan pengurangan emisi sebagai antisipasi dari perubahan iklim.

Demikian disampaikan peneliti Third World Network, Hira Janthani, disela-sela Semiloka Nasional tentang Adaptasi Perubahan Iklim di Sanur (27/10) menegaskan bahwa pemanasan global telah terjadi dan telah menyebabkan kerusakan lingkungan di negara-negara berkembang, maka sudah menjadi keharusan bagi negara berkembang untuk mendapatkan kompensasi kerusakan lingkungan.

”Jadi perlu kajian berapa kerugian yang harus dibayar untuk itu, ini sejalan juga dengan perundingan yang dilakukan di konvensi PBB” tegas Hira Jamthani.

Hira Janthani mengungkapkan bahwa Indonesia selama ini belum siap dengan sistem perdagangan karbon, sehingga kompensasi atas kerusakan dari dampak pemanasan global tidak pernah diusulkan. Apalagi selama ini pemerintah Indonesia tidak pernah siap dengan data sehingga sering kalah dalam negosiasi.


sumber : http://selebzone.com/2009/10/27/indonesia-harus-minta-kompensasi-negara-maju-atas-kerusakan-lingkungan.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar